Tips Mengelola Blog Bagi Non Penulis

Merasa menulis bukan passionmu yuk intik tip mengelola blog bagi non penulis.

Tips Mengelola Blog Bagi Non Penulis - Sobat pasti pernah menunda membuat konten blog sobat merasa menulis bukanlah passion atau bahkan merasa tidak memiliki waktu, ya saya juga sering mengalami hal seperti itu. Bahkan terkadang sobat tidak tahu apa yang akan dilakukan dengan blog yang sudah ada setiap kali hendak mengisi konten di blog. Sobat terus terbayang dengan hal tersebut dan akhirnya sobat tidak tau apa yang selanjutnya dilakukan. Memang dalam hal menulis biasanya seorang penulis atau orang yang biasa menulislah yang paling produktif dalam hal menulis, sedangkan bagi kita yang kurang terbiasa menulis untuk membuat sebuah artikel saja terkadang sangat sulit untuk dilakukan. Terdengar aneh bukan.

Berita baiknya ialah bahwa menulis secara konsisten serta profesional itu bisa kita pelajari. Sobat tidak harus menjadi seorang penulis yang hebat karna konten yang bagus dihasilkan oleh orang-orang dengan berbagai keterampilan dan minat. Kurangnya minat serta kepercayaan diri sobat dalam menulis seharusnya tidak akan menghentikan sobat untuk membuat konten yang luar biasa dan kedepannya akan mempengaruhi pertumbuhan blog sobat.

Apakah sobat sudah tau apa yang harus sobat lakukan? Mungkin hal selanjutnya yang terlintas dipikiran sobat ialah perihal komitmen waktu, nah oleh karena itu disini saya akan memberikan sedikit tips bagi sobat yang mengelola blog bagi non penulis seperti saya ini.

Susunlah sebuah strategi

Membuat strategi dengan menetapkan beberapa standar untuk blogging serta pemasaran konten akan membuat sobat lebih bertanggung jawab. Mungkin sobat pernah berpikir utuk beberapa saat tentang kemajuan blog sobat tapi itu hanya sekedar berpikir tanpa memaksakan diri untuk memperbaikinya. Silahkan sobat siapkan kalender lalu silahkan tulis semua kegiatan yang ingin sobat lakukan di blog sobat dan jangan lupa untuk mendokumentasikan setiap langkah dari proses blog sobat.

1. Kenali pembaca blog

Dalam menulis sebuah postingan blog membuat terpesona pembaca akan tulisan sobat adalah langkah pertama yang terpenting untuk mencari tahu siapa saja yang akan melihat konten blog sobat. Setelah mengidentifikasi jangkauan pembaca blog sobat, kemudian sobat pertimbangkan terkait apa saja masalag dan juga pertanyaan apa yang mungkin akan mereka hadapi kedepannya. Sobat bisa menggunakan keahlian sobat untuk menghasilkan topik serta menawarkan solusi dan juga panduan. Jaga agar pembaca tetap membaca artikel kita dengan cara memperindah tampilan blog kita.

2. Buatlah kalender konten

Saya sangat menekankan kalender konter karen inilah alat yang paling berguna untuk menyimpan semua ide kita dan dengan ini sobat bisa membuat jadwal agar selalu menerbitkan konten blog secara konsisten pada waktu yang sudah sobat tentukan. Setidaknya ada 3 manfaat yang bisa sobat rasakan ketika membuat kalender konten, pertama ialah membantu blog sobat selalu dalam keadaan terorganisir, kedua membantu merancang konten dengan menuliskan ide yang sempat terpikirkan dan yang terakhir ialah membantu perencanaan dimasa depan dengan melihat konten yang pernah terbit sebelumnya.

Cari sumber inspirasi konten

Salah satu cara untuk membuat sebuah konten yang baik adalah dengan menikmati konten yang baik. Dengan melihat artikel yang baik akan memotivasi kita untuk membuat artikel yang baik pula. Jika sobat masih merasa bingung dengan konten yang akan sobat buat, beberapa cara dibawah ini mungkin akan membantu sobat untuk menemukan ide menulis blog :

1. Buatlah artikel yang anda kuasai bidangnya

Salah satu cara untuk menikmati menjadi seorang blogger ialah membuat artikel yang sobat sukai, ya tentu ini akan membantu sobat untuk berpikir tentang artikel apa yang dibuat kedepannya. Misal sobat adalah seorang guru, maka sobat bisa membuat artikel blog bertema pendidikan, atau jika sobat seorang yang pandai dalam memperindah wajah, sobat bisa memberikan tips kecantikan. Lakukan sesuai dengan bidang yang sobat kuasai dan ketika membuat konten blog sobat tidak mengalami kesulitan.

2. Perbanyak membaca

Ya untuk mengelola blog bagi non penulis cara ini merupakan hal yang tidak boleh ditinggalkan. Seorang blogger harus senang membaca untuk menambah pengetahuan. Sobat bisa mengunjungi blog yang setipe dengan blog sobat, tujuannya tidak lain dan tidak bukan supaya sobat bisa mendapat ide untuk membuat konten blog. Blogwalking bukanlah hal yang membosankan karna selain sobat bisa mendapat teman baru sobat bisa juga menambah pengetahuan dengan mengunjungi blog orang lain.

3. Gunakan media sosial untuk mengumpulkan informasi

Sobat bisa menyediakan media sosial untuk mengumpulkan inspirasi yang berhubungan dengan konten blog sobat. Media sosial seperti Youtube, Facebook, Twitter, Email dan lainnya sangat bermanfaat untuk mengumpulkan informasi.

Kembangkan isi konten 

Dalam membuat postingan sobat bisa membuat konten sobat menjadi lebih friendly dan terlihat unik dari artikel sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk membuat pembaca merasa nyaman ketika mengunjungi blog sobat. Sobat harus lebih mempertimbangkan lagi bagaimana cara sobat berkomunikasi dengan pembaca blog sobat, berikut beberapa opsi yang mungkin bisa sobat lakukan :

1. Selalu memperbaharui jenis konten

Cara terbaik yang bisa sobat lakukan untuk menulis postingan yang panjang ialah dengan gaya serta variasi format artikel blog. Hal ini akan membuat pembaca penasaran untuk terus berkunjung ke blog sobat. Berikut beberapa ide artikel yang bisa sobat gunakan :

  • Tutorial
  • Wawancara
  • Berita terbaru
  • Kisah pribadi
  • Karya sastra (Puisi, panun)
  • Review produk
  • Info teknologi
  • Daftar peringkat

2. Artikel berketerkaitan

Kebanyakan pembaca akan mencari artikel yang berketerkaitan jika dirasa artikel yang dibaca sebelumnya bermanfaat untuknya. Oleh karena itu buatlah beberapa konten yang memiliki keterkaitan agar para pembaca akan mengunjungi konten lainnya yang ada di blog sobat. Misal salah satu artikel membahas secara umum mengenai sebuah tema maka diartikel lainnya menjelaskan secara khusus terkait tema yang diangkat.

3. Berikan komentar pribadi

Terkadang banyak pembaca yang berkunjung ke blog sobat untuk mencari panduan dan melihat pendapat sobat mengenai hal yang sedang sobat bahas. Nah disinilah sobat bisa meletakkan pendapat atau komentar sobat dalam artikel tersebut. Apalagi jika sedang membahas tentang review sesuatu pendapat anda sangat diperlukan untuk menentukan apa tindak lanjut pembaca setelah membaca artikel sobat.

4. Tambahkan beberapa media pemanis

Pengelola blog bagi non penulis terkadang membutuhkan media untuk menambah dan menjelaskan apa isi dari konten yang sobat buat,  hal ini sangat berpengaruh dengan kenyamanan pembaca. Dengan tampilan visual yang baik menjadikan konten blog sobat lebih menarik. Foto, video, musik, dan masih banyak media yang dapat sobat bagikan.

5. Sediakan laman penulis tamu

Ya penulis tamu dapat digunakan untuk menerima tulisan dari luar / karya pembaca blog sobat, banyak dari pembaca yang masih mengalami kesulitan terkait publikasi sebuah karya, oleh karena itu laman penulis tamu akan sangat berguna untuk blog sobat. Tapi tetap diingat pilihlah artikel yang benar-benar pantas untuk dipublikasikan, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan pada blog sobat.

Fokuskan kembali gaya penulisan Anda untuk eksekusi yang lebih baik

Ketika sobat mengingat strategi dan topik yang telah sobat tentukan akan ada dimana rasa stres terus menghantui sobat, hal ini akan sangat menghambat sobat untuk membuat sebuah konten sehingga semuanya menjadi buyar. Sobat bisa mencoba menghilangkan stres dengan beberapa tips dibawah ini :

1. Siapkan sistem 

Cara yang paling baik untuk menangani maslaah pembuatan konten ialah mengembangkan sistem yang jelas dan terjadwal. Namun tidak dibutuhkan sebuah kesempurnaan, sobat bisa melakukan dengan curah pendapat kepada teman teman blogger lain bertanya mengenai sistem yang mereka siapkan untuk membuat konten di blog mereka. Hal ini bisa sobat jadikan acuan untuk sistem yang akan sobat gunakan pada blog sobat.

2. Minta bantuan pengeditan

Sebelum melakukan publikasi ada lebih baikknya sobat meminta bantuan teman, keluarga, saudara atau orang yang bisa membantu sobat mengoreksi konten yang telah sobat buat. Hal ini bertujuan agar pesan yang akan sobat sampaikan bisa sampai ke para pembaca dengan baik. Terkadang sobat juga memerlukan pandangan kritis seseorang terhadap konten yang sudah sobat buat, demi terciptanya konten yang lebih baik lagi kedepannya.

3. Teruslah konsisten

Sungguh, satu-satunya cara agar kamu menjadi lebih baik lagi dalam membuat konten blog adalah dengan cara konsisten. Memang diawal akan terasa sulit, tapi jika sudah terbiasa hal ini akan menjadikan dirimu menjadi sosok yang luar biasa dalam membuat konten blog. Ingatlah jika kamu mulai terjebak silahkan lakukan hal ini ubah judul, topik, fokus, atau medianya. Hanya saja, jangan terlalu terjebak blog Anda tetap berada di tumpukan "draf" Anda seumur hidup. Baca juga 4 Elemen Penting Dalam Menulis Postingan Blog.

Hal ini akan sangat terasa membosankan pada mulanya tapi bukanlah hal sangat menyulitkan. Tips mengelola blog bagi non penulis ini dapat sobat gunakan ketika memang sobat kesulitan dalam membuat artikel karna sebuah keterbatasan. Cukup dulu mungkin artikel kali ini, semoga sobat semua akan faham terkait apa yang saya sampaikan pada artikel ini. Jika ada hal yang ingin sobat tanyakan bisa bertanya langsung di kolom komentar dan jika sobat ingin menerbitkan artikel pada blog ini silahkan kunjungi halaman penulis tamu kami akan sangat senang menyambut sobat. Terima kasih dan sampai jumpa diartikel selanjutnya.