4 Elemen Penting Dalam Menulis Postingan Blog

4 Elemen Penting Dalam Menulis Postingan Blog - Menulis postingan sebuah blog terkadang terasa begitu menakutkan.

4 Elemen Penting Dalam Menulis Postingan Blog - Menulis postingan sebuah blog terkadang terasa begitu menakutkan. Banyak yang mengalami kesulitan ketika memikirkan apa yang akan ditulis pada sebuah postingan blog, pada saat-saat seperti ini terkadang struktur kecil yang kita punya dalam membuat postingan sebuah blog sangat berguna.

Meskipun struktur yang dibuat blogger berbeda-beda, tapi akan ada beberapa kesamaan. Saya yakin tidak ada pengecualian dalam aturan membuat struktur ini, tapi blogger yang serius dalam mengelola blog memiliki cara yang pasti atau terstruktur dalam membuat postingan blog.

Jika anda ingin menjadi blogger yang produktif maka anda harus melakukannya. Tergantung dari apa isi blog anda dan bagaimana kepribadian anda, pendekatan anda dalam membagikan postingan kepada pembaca pasti akan berbeda-beda. Tapi setelah saya mengamati beberapa blogger hebat postingan blog yang baik biasanya memiliki 4 elemen penting ini dalam menulis postingan blog. 

Judul yang menarik perhatian

Dalam sebuah postingan blog yang baik memiliki satu topik, satu cerita, satu ide bukan tiga, empat ataupun lainnya. Hanya satu. Jadi sebelum anda anda memulai menulis, pastikan terlebih dahulu anda mencari tahu apa yang ingin anda tulis. Lalu pilihlah beberapa opsi judul yang memiliki keterlibatan sehingga jika dalam proses menulis terdapat sedikit perubahan anda masih bisa mengatasinya. Lalu mulailah untuk menulis.

Judul yang baik itu biasanya menarik, deskriptif, dan memikat. Ketika membaca ini pembaca memiliki keinginan untuk mengklik tautan yang ada seperti halnya judul utama sebuah majalah atau berita terkini yang ada di sebuah televisi. Karna judul merupakan hal pertama yang dilihat oleh pembaca dan jika anda bisa melakukannya dengan benar, maka pembaca akan mengunjungi blog anda. Ingat!! pastikan anda membuat judul yang menarik sebelum anda menekan "publikasikan".

Paragraf utama yang menarik

Elemen penting dalam menulis postingan blog berikutnya ialah membuat paragraf utama postingan menarik. Anda pasti memahami bagaiaman pentingnya kesan pertama, bukan? Jadi mengapa anda tidak menulis seperti itu? Mengapa anda justru membuang waktu pembaca dengan detail yang sedikit konyol dan anekdot yang sembrono?

Ketika kita sedang berbicara di internet, ketika rentang perhatian orang akan lebih terbatas daripada media cetak, paragraf pembuka merupakan hal yang sangat penting. Wartawan biasa menyebutnya "Jangan mengubur petunjuknya". Jika anda tidak segera memikat pembaca, maka anda akan kehilangan mereka selamanya. Mulailah dengan kutipan, pertanyaan, atau pernyataan yang berani. Anda hanya memiliki satu kesempatan dan buat hal itu berarti.

Poin pendukung yang menarik

Bagian ini merupakan badan dari artikel anda, dimana bagian ini merupakan inti dari postingan yang akan mendukung topik atau argumen utama Anda. Setiap cerita atau tulisan yang Anda bagikan harus memiliki dasar pemikiran yang mendukung, hal yang mampu menarik perhatian pembaca. 

Anda harus mempertimbangkan apa yang akan Anda katakan dan bagaimana Anda akan mendukungnya. Cara terbaik yang bisa Anda lakukan ialah dengan membuat daftar poin-poin, lalu tulis badan postingan dengan menggunakan poin-poin yang sudah Anda buat tadi (seperti halnya saya membuat postingan ini). Jika diibaratkan blog anda adalah jalan poin-poin tersebut merupakan titik-titik yang akan mengarahkan pembaca ke akhir dari postingan.

Ajakan bertindak yang menarik

Jika Anda telah memikat hati pembaca dengan judul yang bagus, paragraf utama yang menarik, dan kemudian mengarahkan mereka dengan poin-poin yang menarik. Sekarang Anda perlu menutupnya. Jangan segera kabur, Anda pasti tidak ingin pembaca blog Anda bertanya-tanya mengapa mereka repot-repot membaca postingan Anda, bukan? Beri mereka sesuatu yang bisa mereka ambil.

Ingin pembaca anda merenungkan ide tertentu? melakukan sesuatu? menanggapi tentang bagaimana? Apapun itu yang Anda inginkan jelaskanlah. Itu tidak akan terjadi begitu saja, dan Anda akan mendapatkan apa yang anda minta. Ini merupakan bagian dimana Anda mengundang pembaca untuk menjawab pertanyaan, meninggalkan komentar, atau bahkan membagikan postingan Anda.

Kekita Anda memulai menulis postingan sebuah blog, kamu harus mengikuti langkah-langkah yang meliputi 4 elemen penting dalam menulis postingan blog diatas. Begini kurang lebih hal yang bisa Anda lakukan :

  1. Pilih topik dan tulis judulnya.
  2. Tulislah paragraf utama.
  3. Sebutkan beberapa poin utama pada bagian tubuh postingan.
  4. Tuliskan ajakan bertindak Anda.
  5. Edit dan revisi (pada bagian ini biasanya digunakan untuk mengedit judul dan beberapa kesalahan dalam penulisan).
  6. Koreksi.
  7. Publikasikan.

Ikuti saja langkah-langkah diatas setiap kali Anda ingin membuat postingan dan anda tidak akan mengalami kesulitan untun membuat konten yang baik. Strukturnya mungkin akan terasa sangat kaku pada mulanya tetapi Anda harus ingat, semuanya butuh latihan. Dan pada akhirnya Anda akan terbiasa karna kendala yang akan kamu terima akan mengarahkan Anda pada kreatifitas yang lebih besar. Itu mungkin tidak selalu mudah, tetapi Anda akan memiliki struktur yang jelas ketika Anda mengalami kebuntuan, dan Anda akan selalu tahu bagaimana untuk memulainya. Terima kasih itulah 4 elemen penting dalam menulis postingan blog, silahkan share postingan ini dan tinggalkan komentar di kolom yang disediakan. Sampai jumpa diartikel selanjutnya.