Buat Blog Dengan My.ID (Hosting + Domain Gratis)

Memiliki sebuah blog saat ini bukan merupakan hal yang tabu lagi untuk saat ini, banyak sekali baik itu remaja atau orang yang sudah berkeluarga yang mengabdikan dirinya untuk membuat sebuah blog. Mulai dari berbagi informasi sampai sharing tentang kehidupan sehari-hari. Banyak sekali situs tempat membuat blog yang pernah saya bahas sebelumnya di Situs Alternatif Membuat Blog Gratis

Kali ini saya akan sedikit membahas tentang MY.ID sebuah platform blog berbasis WordPress yang berasal dari Indonesia yang dipersembahkan oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), yang mana nantinya akan mendapatkan domain (my.id) + Hosting secara gratis.

My.ID
My.ID

Keunggulan Membuat Blog di My.ID

Sebenarnya mayoritas semua platform penyedia blog menyediakan fasilitas yang bisa dikatakan sama, salah satu keunggulan yang kita terima ketika mendaftar blog di MY.ID ialah kita akan mendapatkan domain my.id secara gratis tanpa membayar uang sepeserpun. Kita mengetahui untuk saat ini domain my.id sendiri berkisaran harga Rp.50.000 per tahunnya.

Selain mendapatkan domain secara gratis kita juga mendapatkan keuntungan postingan kita akan dipromosikan di halaman awal https://www.my.id sehingga kamu tidak usah khawatir jika postingan mu tidak ada yang membaca. Setidaknya akan ada 1 atau 2 orang yang akan membaca postingan sobat.

Kekurangan Membuat Blog di My.ID

Hal yang sering kita jadikan alasan untuk memilih platform mana yang akan kita pilih untuk mendaftar blog ialah terkait ukuran disk yang disediakan, nah ukuran disk yang disediakan oleh PANDI untuk blog yang mendaftar di My.ID hanya sebesar 500MB. Hal ini bukan menjadi masalah bagi kalian yang hanya ingin membagikan tulisan kalian, tapi akan menjadi masalah ketika kalian membagikan gambar, musik, video dan lainnya.

Selain dari penyimpanan yang kecil terdapat keterbatasan dalam hal customisasi karna kita tidak bisa untuk menambah Theme ataupun Plugin. Jadi bagi yang terbiasa dengan tampilan blog yang simpel, saya rasa hal ini bukanlah sebuah masalah yang serius karna tampilan yang disediakan oleh my.id juga sudah lumayan apik.

Cara Mendaftar Blog di My.ID

Untuk mendaftar blog di My.ID sendiri pertama sobat harus mendaftar dahulu akun U.ID disini

U.ID
U.ID
  1. Setelah terbuka situs U.ID selanjutnya silahkan klik Pendaftaran Akun.
  2. Selanjutnya silahkan Isi Identitas yang diperlukan untuk mendaftar seperti NIK, Nomor KK, Nama, TTL, Email, No HP dan kata sandi.
  3. Jangn lupa untuk mencentang Persetujuan Layanan U.ID.
  4. Selanjutnya lakukan Konfirmasi Pendaftaran di email yang sobat masukkan tadi.
  5. Jangan lupa untuk memastikan bahwa kamu sudah bisa login ke akun U.ID agar bisa membuat blog di My.ID.

Selanjutnya kunjungi situs My.ID disini

  1. Setelah masuk ke situs My.ID silahkan sobat pilih Masuk/Buat Blog
  2. Login ke akun U.ID yang sobat daftar sebelumnya. 
  3. Isilah judul dan alamat blog yang sobat inginkan. 
  4. Setelah itu silahkan tunggu 15 hingga 30 Menit untuk propagasi domain. 
  5. Jika proses telah selesai sobat bisa mengakses blog baru sobat.

Beberapa Catatan Yang Harus Sobat Perhatikan Sebelum Mendaftar Blog di My.ID

  1. Layanan blog ini hanya menyedikan kapasitas penyimpanan sebesar 500MB.
  2. Layanan blog gratis ini tidak memperkenankan menambahkan plugin atau tema apapun, hanya boleh menggunakan 12 tema yang sudah disediakan
  3. Meski menggunakan platform WordPress untuk login kelayanan blog tetap menggunakan sistem U.ID.
  4. Tidak menggunakan sertifikasi SSL
  5. Harus lebih berhati-hati terhadap komentar spam karna layanan Akismet pada platform ini tidak bekerja.

Nah itulah sekilas mengenai platform blog My.ID pada kali ini, saya sangat menyarankan bagi sobat yang ingin mendaftar blog melalui platform My.ID ini. Walaupun ada beberapa hal yang menjadi kekurangan bukan masalah yang terlalu serius jika dibandingkan dengan Domain gratis yang mereka berikan, tidak seperti platform yang lain yang memberikan sub domain. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman sobat yang lain, jika ada hal yang dibingungkan silahkan tinggalkan di kolom komentar. Terima kasih dan sampai jumpa diartikel selanjutnya.