Situs Alternatif Membuat Blog Gratis

Pada saat ini banyak sekali blogger baru bermunculan terutama di era pandemi saat ini, dimana semua kegiatan dilakukan dari rumah sehingga banyak orang yang memilih untuk mulai menulis atau hanya sebatas memantau media sosial. Selain dari pada itu seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi mendorong minat pengguna internet dalam hal menulis terutama dalam sebuah blog. Masing dari orang yang mulai menulis di blog memiliki tujuan yang bisa dikatakan berbeda-beda, mulai dari kepopuleran, penghasilan, binis, atau bahkan tak jarang saya menemukan blogger yang hanya iseng mengisi waktu luang.

Akibat dari itu semuanya semakin maraknya situs penyedia layanan blog yang semakin hari semakin ketat dalam hal persaingan memberikan fasilitas terbaik. Artikel ini diitujukan kepada semua orang yang belum mengetahui situs apa saja yang bisa menjadi alternatif kita dalam membuat blog, dengan harapan untuk yang sudah mempunya blog maka akan menambah pengetahuannya dan untuk yang belum mempunyai blog supaya menjadi tertarik untuk menjadi seorang blogger. Berikut situs alternatif dalam membuat blog gratis :

1. Blogger.com  / Blogspot

Perlu kita ketahui bahwasanya blogger atau blogspot merupakan situs penyedia blog gratisan yang sangat populuer serta merupakan situs blog paling lama umurnya. Hal yang bisa dikatakan menguntungkan ketika menggunakan blogger ialah karna blogger dimiliki oleh google sehingga kita hanya perlu memiliki akun google untuk membuat blogger. Tampilan blogspot sangat friendly dan sederhana sehingga mudah untuk digunakan oleh blogger pemula, ada lumayan banyak pilihan modifikasi yang bisa kita lakukan didalam blogspot ini selain itu tersedia juga template gratis maupun premium (jika sobat ingin membeli) yang bisa sobat gunakan didalam blog tersebut. 

2. WordPress.com

Situs ini tak kalah populer dengan Blogger.com, berbeda dengan blogspot pada wordpress terdapat versi gratis atau wordpress.com dan versi berbayar atau wordpress self hosting. Pada dasarnya wordpress banyak digunakan oleh blogger profesional hampir dari seluruh dunia, pada versi premium sobat bisa menggunakan berbagai macam plugin yang bisa digunakan untuk membuat blog sobat menjadi lebih profesional. Pada wordpress versi gratis bisa dikatakan sobat tidak memiliki akses sepenuhnya dan tidak bisa dimonetize untuk menghasilkan uang.

3. Weebly.com

Situs weebly merupakan situs penyedia blog gratis, namun sayangnya di Indonesia sendiri belum terlalu dikenal oleh masyarakat indonesia. Namun jika sobat mengunjungi situs yang berasal dari luar negeri mungkin sobat akan menemukan blogger yang menggunakan weebly. Pada dasarnya situs ini kebanyakan digunakan untuk keperluan bisnis dan menampilkan portofolio, untuk pengguna gratisan akan diberikan ruang sebesar 500MB, sub domain dan berapa ruang yang bisa sobat gunakan untuk menampilkan iklan.

4. Wix.com

Situs ini memiliki ratusan template unik dan profesional yang bisa sobat gunakan agar blog sobat terlihat berbeda dari blog orang lain Pada akun gratis perhatikan saat pertama kali mendaftar, usahakan untuk tidak mendaftar menggunakan akun sosial media seerti google atau facebook (usahakan mendaftar manual) agar username sobat dapat sobat atur sendiri sesuai keinginan. Oh ya menurut informasi yang saya dapat pada situs wix.com ini memiliki keunikan sendiri dibanding dengan blog gratis lainnya, dimana memungkinkan sobat untuk membuat blog dengan tampilan sederhana dan super simpel seperti halnya pendahulunya yaitu Mywapblog bisa dikatakan wix.com tidak akan jauh berbeda.

5. Medium.com

Medium.com ialah situs resmi penyedia layanan  blog gratis yang sudah ada sejak tahun 2012 oleh Evan Williams mantan CEO Twitter dan salah satu pengembang blogger.com yaitu Biz Stone. Belakangan ini banyak sekali blogger yang mulai tertarik untuk memulai ngeblog di medium.com. Selain dari pada itu keuntungan membuat blog di medium ialah jumlah pembaca yang mencapai 60 juta perbulan, tentu saja hal ini menjadi semangat untuk membuat konten menarik pembaca.

Note : Jika sobat ingin merekomendasikan Situs Alternatif Membuat Blog Gratis lainnya boleh tuliskan dikolom komentar, guna berbagi pengetahuan dan informasi kepada pada sobat yang lain. Atau jika sobat memiliki pengalaman menggunakan salah satu dari situs diatas bisa berbagi dikolom komentar.

Itulah Situs Alternatif Membuat Blog Gratis yang dapat saya bagikan kali ini, Terima kasih atas kunjungan sobat ke blog ini jangan lupa share ke teman sobat yang lain supaya teman sobat yang lain mengetahui informasi yang sobat baca kali ini. Saya mohon maaf jika ada kesalahan dalam artikel ini semoga kedepannya artikel diblog ini bisa lebih baik lagi. Terima kasih dan sampai jumpa diartikel selanjutnya.