Inilah Aplikasi Penghemat Baterai Smartphone Terkini

Inilah Aplikasi Penghemat Baterai Smartphone Terkini - Smartphone sekarang ini sudah dimiliki oleh masyarakat luas, terutama mereka yang berada di usia pekerja produktif. Bahkan, smartphone juga menjadi bagian dari fashion dan gaya hidup yang tak terpisahkan. Sayangnya, meskipun pengembang ponsel sudah memasang kekuatan baterai agar bisa dipakai lama, tetap saja mereka yang sangat aktif masih saja merasa kurang.

Nah, dari sinilah muncul aplikasi-aplikasi baru yang dirasa bisa membantu dan menghambat baterai yang cepat habis. Ponsel pintar semakin mengembangkan fungsinya dengan memperpanjang masa pakai baterai dan waktu pengisian yang lebih cepat. Selain itu, masih sedikit aplikasi yang dapat menghemat konsumsi daya baterai smartphone.

Namun, beberapa dari mereka hanya berhenti menjalankan aplikasi latar belakang untuk membebaskan penggunaan RAM. Aplikasi ini tidak menghemat baterai, tetapi hanya meningkatkan penggunaan baterai saja. Hal ini disebabkan karena sistem Android akan mengaktifkan kembali aplikasi background, sehingga justru lebih memakan daya.

Apa sajakah aplikasi penghemat baterai smartphone terkini? Berikut aplikasi-aplikasi yang bisa Sobat coba:

Naptime

Berbeda dari aplikasi penghemat baterai lain yang menghabiskan memory sobat, Naptime memanfaatkan sepenuhnya fungsi penghemat daya tidur bawaan perangkat. Perannya adalah untuk menempatkan smartphone dalam keadaan diam. Android 6.0 Marshmallowlah yang mengenalkan peran tersebut dan memastikan bahwa konsumsi ponsel menjadi lebih sedikit saat tidak digunakan. Tanpa mengganggu perangkat, ponsel cerdas sobat dapat mulai menghemat daya dalam 4-5 menit setelah mematikan layar, bukan dalam 30 menit.

Greenify

Secara teknisnya, aplikasi yang diciptakan oleh Oasis Feng ini merupakan salah satu aplikasi pembunuh baterai seperti yang sudah kami sebutkan di atas. Namun, jika Sobat ingin menggunakan mode hemat daya Greenify yang paling efektif, ia juga memiliki fungsi "istirahat" yang sama dengan Naptime.

Dengan adanya pengaturan yang mengaktifkan "istirahatkan agresif", maka pengaturan ini tidak akan menghidupkan perangkat dari mode tidur sekalipun terdapat gerakan. Selain itu, adanya fitur "istirahatkan dalam perjalanan" menjadikan baterai menjadi lebih hemat saat pengguna sedang jauh dari pengisi baterai.

Aplikasi greenify ini bahkan telah digunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna yang ada di Play Store. Dengan banyaknya pengguna, sudah pasti mereka nyaman dan menyukai aplikasi greenify. Bagaimana, pasti sobat juga mulai tertarik untuk menggunakannya bukan? Yuk segera install greenify di smartphone sobat agar baterai awet dan tahan lama.

Battery Guru

Bagi sobat yang ingin menghemat baterai, aplikasi selanjutnya yang bisa sobat cobain yaitu Battery Guru. Aplikasi yang cukup familiar dari namanya ini pada dasarnya adalah aplikasi pemantauan baterai, bukan aplikasi hemat daya. Cara kerjanya yaitu wawasan dari sebuah aplikasi ini akan memperpanjang dari masa pakai dari baterai sobat dengan takaran jumlah yang memang cukup besar.

Selain itu, untuk sobat juga bisa menyetel sebuah pengingat untuk sebuah suhu baterai dan juga batas daya, yang mana ini merupakan dua penyebab yang terbesar setealah baterai habis. Seperti halnya Naptime, Battery Guru ini juga bisa membuat sebuah ponsel sobat akan memasuki suatu mode "istirahat" yang lebih cepat. Aplikasi yang telah dikembangkan oleh sebuah Paget96 ini memang telah diunduh oleh sekitar 100.000 para pengguna Android.

Itulah aplikasi penghemat baterai smartphone terkini. Jika sobat ingin baterai awet dan tahan lama, sebaiknya jangan sembarangan menginstall aplikasi ya! Karena bisa jadi, bukannya awet namun sebaliknya baterai sobat justru akan cepat habis. Pilihlah satu aplikasi di atas saja yang sudah terbukti kemampuannya dan digunakan oleh banyak orang.