Custom Subdomain Blogspot Dari Clientzone Rumahweb

Sebelum saya berniat untuk menulis artikel kali ini, pada mulanya saya mengalami kesulitan untuk melakukan custom subdomain di blogspot melalui clientzone di rumahweb. Saya sudah mencari-cari tutorial diinternet tapi saya tidak bisa menemukan caranya, kendalanya ya lagi lagi ketika hendak memasukkan subdomainnya di blogspot CNAME yang diperlukan tidak muncul dan subdomain langsung ditambahkan di blogspot. Karna saya penasaran akhirnya saya otak-atiklah itu sampai akhirnya saya menemukan caranya.

Tutorial ini hanya berlaku jika blog yang hendak kamu gunakan sebagai subdomain memiliki email yang sama dengan blog yang kau gunakan sebagai domain utama.

Saya sudah menerapkan tutorial ini ke 2 blog saya blog pertama ini dan yang kedua ini semuanya berhasil. Sebelumnya saya sudah pernah membahas mengenai Cara Custom Domain Blogspot Rumahweb dari Clientzone, oke tanpa panjang lebar simak tutoruan dibawah ini.

Cara Custom Subdomain Blogspot Dari Clientzone Rumahweb

  1. Silahkan sobat buka setelah blogger sobat lalu cari tulisan Domain.
  2. Kemudian silahkan dengan format subdomain.domainmu lihat contoh dibawah ini.
  3. Lalu centang Ketersediaan HTTPS.
  4. Selanjutnya silahkan sobat login ke akun Clintzone Rumahwebsobat.
  5. Silahkan sobat klik Domain.
  6. Selanjutnya silahkan sobat klik Active.
  7. Kemudian silahkan sobat pilih DNS Management.
  8. Nah nanti akan muncul kurang lebih tampilan seperti ini.
  9. Lalu sobat klik Add New Record
  10. Pada bagian Domain silahkan sobat ini dengan www.subdomainmu, bagian TTL biarkan 14400, pada bagian Record Type pilih A, dan bagian Hostname sobat ini dengan 216.239.32.21.
  11. Silahkan ulangi tutorial no 10 diatas sebanyak 4 kali, yang perlu sobat lakukan ialah mengganti bagian Hostname dengan 3 code berikut 216.239.34.21, 216.239.36.21 dan 216.239.38.21.
  12. Lalu isi pada bagian Domain silahkan sobat ini dengan subdomainmu, bagian TTL biarkan 14400, pada bagian Record Type pilih CNAME, dan bagian Hostname sobat ini dengan ghs.google.com.
  13. Nah jika sudah kurang lebih tampilannya akan seperti ini.
  14. Selanjutnya silahkan tunggu maximal 1x24 Jam sampai propagasi selesai (biasanya saya 30 menit sudah selesai), lalu silahkan sobat buka halaman blog lagi dan klik Lihat Blog.
  15. Selesai ini dia hasilnya subdomain sudah tersedia di blog saya yang ini.

Gimana sob cukup mudah bukan, sebenarnya hampir sama dengan kita custom domain hanya saja untuk subdomain kita tidak mendapatkan CNAME lagi dari blog. Oku mungkin sampai sini dulu tutorial kali ini, semoga bermanfaat bagi sobat semua. Jangan lupa share keteman-teman sobat yang membutuhkan. Jangan lupa untuk tinggalkan komentar jika dirasa perlu, Terima kasih dan sampai jumpa diartikel selanjutnya.