Custom Domain Blogspot Rumahweb dari Clientzone

Menurut idcloudhous.com blogspot merupakan salah satu penyedia akun website gratis dimana kita bisa posting, sharing, dan lainnya. Akun Blogspot juga merupakan akun google karna saat kita login blog tersebut menggunakan akun google.

Meski bisa dikatakan bukan platform terbaik, Blogspot merupakan salah satu pilihan favorit bagi yang ingin membuat blog. Dari data yang diperoleh dari website BuiltWith, untuk saat ini Blogspot menduduki urutan kedua dalam kategori blog di Indonesia.

Untuk membuat blog di blogspot sangatlah mudah kalian bisa membaca tutorial buat blog disini. Namun yang perlu kita juga ketahui ketika kita telah mendaftar di blogspot kita masih mengguanakn embel-embel [dot]blogspot.com. Supaya blog kita mudah diingat dan menarik, kita bisa membeli domain berbayar dengan ekstensi .com, .id, .club, dan masih banyak lagi.

Berikut Cara Custom Domain Blogspot Rumahweb dari Clientzone

1. Hal pertama yang kamu lakukan ialah kamu sudah melakukan pembelian domain di Rumahweb.com.
2. Jika sudah silahkan kalian masuk ke blog yang ingin kalian gunakan dengan cara klik disini.
3. Setelah login silahkan ketik setting/setelan >> domain custom/kustom domain.
4. Silahkan isi kolom yang disediakan dengan nama domain yang sudah kalian beli tadi. Misal nama domainnya musikonseling.info, maka tulisnya www.musikonseling.info lalu klik Save.
5. Kemudian akan muncul CNAME yang harus dipasang didomain manager sobat. Kurang lebih seperti ini.

Kami tidak dapat memverifikasi kewenangan Anda terhadap domain ini. Di situs registrar domain Anda, cari setelan Domain Name System (DNS) Anda dan masukkan dua CNAME berikut: (Nama: www, Tujuan: ghs.google.com) dan (Nama: 4sinhflljb2d, Tujuan: gvazwhydyju75ar4.dv.googlehosted.com). Buka https://support.google.com/blogger/answer/1233387 untuk melihat petunjuk mendetail.
NB : yang diberi tanda bold itu yang nantinya akan kita gunakan untuk setting domain di Domain Manager/Clientzone.

6. Sekarang kita tinggalkan dulu blogger, sekarang kita login ke aku clientzone.rumahweb.com
7. Klik domain lalu My Domain.
8. Akan muncul semua doman yang kita miliki, silahkan klik lambang segitiga terbalik yang ada di ujung kanan nama domain.
9. Klik Managed Domain >> DNS Management.
Jika muncul tombol Start/Update silahkan diklik sampai tidak ada tulisan start/update lagi dan klik Add New Record.
10. Membuat A record, dan isi sesuai ketentuan berikut. 

Silahkan isi; 
Domain name = kosongi saja 
TTL = 14400 
Record Type = A 
Hostname = 216.239.32.21 

Ulangi isikan Untuk IP or Hostname = 216.239.34.21, 216.239.36.21 dan 216.239.38.21

11. Setelah itu silahkan membuat CName sesuai dengan infoirmasi yang ada di blog ketika memasukkan domain tadi, Lalu klik Add Record.

Silahkan isi; 
Domain name = www
TTL = 14400 
Record Type = CNAME
Hostname = ghs.google.com

12. Kemudian tambahkan lagi cName yang satunya lagi lalu klik Add Record lagi.
13. Lalu klik Back makan akan muncul 6 DNS yang telah kalian buat.

Setelah DNS berupa A dan cName record dibuat, silahkan ditunggu proses propagasi DNS estimasinya 1-24 jam lalu coba kembali untuk penyimpan domain Anda ke Blogspot.

14. Setelah beberapa saat silahkan kembali ke blogger untuk klik Simpan pada custom domain tadi, tunggu sampai berhasil.
15. Jika berhasil disimpan silahkan klik Redirect Domain.

Untuk tutorial lengkapnya kalian bisa lihat video berikut ini.


Selamat sekarang custom domain blogger di domain anda telah berhasil. Sekarang silahkan anda coba akses webnya. Jikas masih gagal kemungkinan koneksi yang anda gunakan belum mengenali DNS Domainnya. Silahkan ditunggu 1-24 Jam, tapi dari pengalaman saya biasanya hanya 10-20 menit sudah bisa. Selamat mencoba dan silahkan tinggalkan komentar jika ada hal yang kurang dimengerti. Sampai jumpa diartikel selanjutnya.