5 Aplikasi Rekomendasi Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Hai sobat online kembali lagi bersama saya disini, pada artikel kali ini saya akan membagikan 5 Aplikasi Rekomendasi Untuk Pelajar dan Mahasiswa. Aplikasi yang saya rekomendasikan ini ada yang berguna untuk akademis supaya sobat makin berprestasi disekolah dan ada juga yang berguna untuk kegiatan non akademis supaya sobat bisa mengembangkan diri diluar kelas.

1. Notion

Notion adalah aplikasi untuk menyimpan catatan, membuat to do list, jurnal, kalender dan banyak hal lainnya. Fitur diaplikasi ini dirancang supaya sobat bisa lebih produktif dan mempunyai sistem yang lebih terorganisir, ini sangat berguna untuk mengatur berbagai macam pekerjaan baik itu  pekerjaan sekolah atau kegiatan sehari-hari. Saya biasanya pakai notion untuk menyusun tugas, mencatat jadwal, mencatat ide atau membekukan hal-hal yang lewat dikepala. Kalau sobat memiliki motivasi dan kreativitas suka hilang timbul aplikasi ini bisa sangat membantu sobat. Dengan hanya satu akun saja sobat sudah bisa membukanya di HandPhone, Komputer, Tablet atau Gawai apapun dan ketika kamu melakukan perubahan dalam satu gawai akan berpengaruh untuk gawai lainnya. 

Jadi kita tidak perlu membuat catatan yang berbeda-beda, sebagian orang mungkin bisa melakukan hal itu dimana catatan di HP, Laptop, Tablet dan lainnya berbeda-beda. Tapi terkadang ada juga orang yang kadang sering lupa dimana tempat ia mencatat ide yang dipikirkannya beberapa waktu yang lalu oleh karena itu terkadang banyak sekali ide yang bagus hilang karna kurang terorganisir, dengan adanya Aplikasi Notion ini sekarang ide-ide kita lebih tertata.

2. Forest

Aplikasi Forest merupakan aplikasi pomodoro timer yang bisa kamu gunakan ketika kamu belajar, jadi kamu bisa set waktu fokusnya  dan klik mulai ketika hendak belajar. Ketika kamu memulai, Forest ini akan menanam pohon dan pohon itu akan terus tumbuh sampai menjadi pohon yang besar ketika pomodoro timer mu sudah selesai. Ketika kamu keluar dari aplikasi ketika pohon ini sedang bertumbuh pohonnya akan hancur dan mati. Saya sudah mulai menggunakan aplikasi ini sejak awal kuliah dan kalau lagi jaman-jamannya ujian ini sangat membantu untuk menjaga fokus. Aplikasi ini efektif karna ketika kita menanam pohon kita memiliki semacam rasa tanggung jawab untuk memupuk dan menunggu sampai pohon tersebut tumbuh besar, ketika kita keluar aplikasi berarti kita bertanggung jawab akan kematian suatu pohon. 

Pakai aplikasi ini kayak main game, dan ingat salah satu tips untuk belajar adalah jadikanlah pelajaran itu menyenangkan dan jadikan itu seperti game dan dengan adanya timer pohon ini rasanya kayak lagi main game. Dan ketika kamu selesai menanam nantinya kamu akan mendapatkan koin yang bisa kamu gunakan untuk membeli bibit pohon yang bermacam-macam atau membeli sound effect bahkan dengan koin yang kamu kumpulkan kamu juga bisa berkontribusi dengan donasi untuk menanam pohon didunia nyata.

3. Anki atau Quizlet

Ini adalah aplikasi flash card atau kartu yang memuat beberapa informasi di kedua sisi dimana satu sisi memiliki informasi umum dan di satu sisi terdapat penjelasan lebih lanjut. Bedanya di aplikasi ini kita membuat flash card nya secara digital dan kamu bisa membuat flash card mu sendiri atau kamu bisa memakai template yang sudah dibikin orang lain. Ada banyak template yang dibuat orang lain dan kamu bisa menyesuaikan dengan keperluan belajarmu. Biasanya flash card ini digunakan untuk mata pelajaran/mata kuliah yang banyak menghafalnya seperti pelajaran biologi atau pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Jujur saya sendiri belum terbiasa akan menggunakan aplikasi ini, tapi ada beberapa teman saya yang menggunakan aplikasi ini untuk belajar, yang jelas sesuaikan dengan cara belajarmu bereksperimenlah dan cari yang terbaik.

4. Spotify

Kenapa saya merekomendasikan aplikasi streaming musik? Selain bisa digunakan untuk refreshing aplikasi ini juga bisa digunakan untuk keperluan akademis atau pengembangan diri. Didalam spotify ini kamu bakal menemukan berbagai jenis musik dan kamu bisa menggunakan musik tersebut untuk menemanimu dalam hal belajar dan kita bisa membuat playlist sendiri yang cocok untuk menemani belajarmu, selain dari pada itu kamu juga bisa mempercerdas diri dengan mendengarkan podcast yang ada diaplikasi sportify. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis di playstore dengan catatan ketika kamu mendownload yang gratis fiturnya sangat terbatas, kabar baiknya kalau kamu  punya kartu tanda mahasiswa atau student id kamu bisa membeli paket di sportify ini dengan harga yang jauh lebih murah.

5. CamScanner

Aplikasi ini digunakan untuk ngescan dokumen apapun dari HP dengan cara difoto, ini membantu banget terutama ketika belajar daring seperti saat ini dimana kita bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengumpulkan tugas dimana dengan menggunakan aplikasi ini tulisan tanganmu akan terlihat lebih jelas daripada difoto biasa. Ini akan memudahkan guru atau dosen untuk siapapun yang menilai tugasmu dan mungkin kamu bisa dapat nilai kerapian yang lebih, ini juga berguna banget untuk kamu yang hendak daftar kuliah yang membutuhkan banyak sekali scan dokumen seperti scan sertifikat atau raport. Memang sih lebih baik menggunakan scan betulan tapi terkadang gak semua memiliki kelengkapam yang digunakan untuk melakukan scan selain dari pada itu terkadang kamu ditekan waktu dan butuh solusi yang cepat, CamScanner ini bisa menjadi sahabat yang tepat buat kamu.

Nah sekian rekomendasi yang saya berikan untuk kali ini, semoga artikel kali ini berguna untuk kamu. Bagi kamu yang berminat untuk mencoba aplikasi tersebut silahkan di coba. Terima kasih untuk yang sudah membaca artikel ini, jika ada pertanyaan atau memiliki saran dan masukan silahkan tinggalkan di kolom komentar. Terima kasih dan sampai jumpa diartikel selanjutnya.