Cara Memindahkan File Dari HP Ke Flashdisk

Artikel ini memberikan Cara Memindahkan File dari HP ke Flashdisk. Jika Anda ingin memindahkan file dari HP ke Flashdisk namun tidak punya laptop, maka tutorial ini akan sangat membantumu.

Sekilas Tentang Flashdisk

Dari One Tekno, Flashdisk adalah sebuah media penyimpanan data digital yang berupa kepingan memori Flash NAND dengan interface USB (Universal Serial Bus) dan memiliki fitur plug and play. Fitur plug and play adalah fitur yang memungkinkan Anda menggunakan perangkat tanpa perlu melakukan konfigurasi khusus seperti penginstalan driver. Anda hanya perlu plug (menancapkan/memasang) kemudian Anda sudah bisa play (menggunakannya).

Kemudian Memori Flash NAND adalah jenis teknologi penyimpanan yang tidak memerlukan daya untuk menyimpan data (non-volatile memory). Jika Anda melepas flashdisk dari Laptop/Komputer, maka data yang Anda simpan di dalamnya tidak akan hilang dan dapat Anda akses kembali jika terhubung ke komputer.

Bagaimana Cara Memindahkan File dari HP ke Flashdisk?

Untuk memindahkan File dari HP ke Flashdisk Anda membutuhkan sebuah alat bantu bernama OTG. OTG atau On the Go adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan HP dengan Flashdisk sehingga File dalam Flashdisk dapat Anda akses. Namun tidak hanya itu fungsi OTG. Berikut ini beberapa hal yang akan bisa dilakukan jika memiliki OTG.
  • Menghubungkan Mouse USB. Anda bisa menggerakkan layar android dengan kursor mouse. 
  • Mengetik dengan keyboard eksternal. Anda bisa menghubungkan keyboard komputer dan mengetik dengannya. 
  • Bermain game dengan Game Kontroler seperti Stick Playstation. 
  • Mengakses data dari HDD eksternal. 
  • Menyambungkan perangkat portabel seperti Lampu LED USB, Kipas Portabel USB dll.
  • Mencetak dokumen di printer melalui HP
  • Menghubungkan eksternal webcam
  • Dll.
Pada intinya perangkat portabel yang menggunakan USB akan bisa dihubungkan ke HP Anda. Tapi tidak menjamin semua bisa ya.

Langkah-Langkah Memindahkan File dari HP ke Flashdisk dengan OTG

Berikut langkah-langkah memindahkan File dari HP ke Flashdisk.

1. Pastikan HP mendukung koneksi USB OTG

Berikut cara memastikan bahwa HP Anda mendukung OTG atau tidak.
  • Pasang aplikasi USB OTG Checker di Google Play
  • Buka aplikasinya dan Anda akan langsung mendapatkan informasi apakah HP Anda support otg atau tidak. 
  • Apabila keluar "Centang Hijau" dengan teks "ANDROID COMPATIBLE USB OTG". Maka selamat HP Anda mendukung OTG

2. Beli USB OTG yang berkualitas

Pastikan Anda membeli OTG berkualitas. Karena apa? Saya pernah membeli yang murah, hanya Rp10.000 tapi sering gagal koneksi. Saat kopi file, sering terputus sambungannya. Ini justru bahaya untuk file Anda. Ada harga tentu ada kualitas. Jadi belilah yang sedikit mahal tetapi terjamin kualitas. Mahal dikit tidak apalah, yang penting data Anda aman!

Sebelum membeli pastikan sesuai dengan port USB di HP Anda. Apakah itu micro-USB atau Type C.

Perbedaan Port Micro USB dan Type-C

Sudah tahu port USB HP Anda yang mana?

Memindahkan File dari HP ke Flashdisk

Setelah memastikan HP support OTG dan Anda sudah membeli OTG, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara memindahkan file dari HP ke Flashdisk dengan OTG yang sudah Anda beli.
Berikut langkah-langkahnya.
  • Pasangkan Flashdisk ke OTG. 
  • Pasangkan OTG ke port USB di HP Anda. 
  • Biasanya akan otomatis tersambungkan. Jika belum, coba buka pengaturan >> "Pengaturan Tambahan" >> aktifkan "Koneksi OTG
  • Seharusnya sekarang sudah terhubung. Anda bisa cek apakah flashdisk Anda terdeksi di File Manager.
  • Jika sudah, sekarang Anda bisa pindahkan file Anda ke flashdisk.
  • Pertimbangkan untuk Membeli Flashdisk OTG
Jika Anda belum memiliki Flashdisk, pertimbangkan untuk membeli flashdisk OTG. Apa itu Flashdisk OTG? Flashdisk OTG adalah flashdisk yang mendukung konektivitas ke ponsel dengan membekalinya koneksi Micro-USB dan USB type-C.

Di marketplace sudah sangat banyak yang menjual Flashdisk OTG, harganya pun tidak jauh berbeda dari flashdisk biasanya. Jika Anda hendak membelinya, pastikan Anda membeli Flashdisk OTG yang sesuai dengan tipe port USB yang ada di ponsel Anda.

Penutup

Memindahkan File dari HP ke Flashdisk dengan OTG adalah aternatif yang bisa Anda lakukan jika tidak mempunyai laptop. Jika Anda punya laptop, Anda bisa memindahkan File dari HP ke Flashdisk dengan menghubungkan keduanya ke laptop dan pindahkan file melalui Windows Explorer.