PENJELASAN JENIS-JENIS FORMAT GAMBAR DI PHOTOSHOP



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pada beberapa tutorial dahulu, saya sering membahas mengenai bagaimana cara menyimpan gambar pada format-format tertentu seperti PDF, GIF, PNG, dan lainnya. Mungkin selama ini sobat dalam menggunakan Adobe Photoshop masih belum mengetahui jenis-jenis format gambar apa saja yang ada di Photoshop? Padahal photoshop sendiri dalam mengolah gambarnya dapat menghasilkan berbagai macam format seperti JPEG, PNG, PSD, dan lain sebagainya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai jenis-jenis format gambar yang bisa dihasilkan oleh Adobe Photoshop yang saya tambahkan juga penjelasan dari berbagai macam format-format tersebut. Oke, daripada berlama-lama lagi berikut ini adalah penjelasan lengkap serta perbedaan dari berbagai jenis format pada Adobe Photoshop.

PHOTOSHOP DOCUMENT (PSD)

Yang pertama kita bahas adalah format .psd. Bagi sobat yang terbiasa menggunakan Adobe Phtosohop pasti sangat familiar dengan format tersebut. Ya betul, format ini adalah format file dokumen asli dari Adobe Photoshop. Bisa dibilang ini adalah format mentah karena file format .psd ini menyimpan secara lengkap informasi hasil editing kita seperti Layer, Blending Option, dan lainnya yang jika kita buka kembali pada Adobe Photoshop maka kita dapat melanjutkan kembali proses editingnya. Namun, kekurangannya adalah format ini memiliki ukuran yang sangat besar jika banyak proses editing yang dilakukan.

Jenis format : PSD, PDD, PSDT

JOINT PHOTOGRAPHIC EXPERT GROUP (JPEG / JPG)

Selanjutnya adalah format JPEG atau JPG yang juga sering kita jumpai di berbagai perangkat digital. JPEG adalah format yang paling umum pada sebuah file foto atau gambar. Hal tersebut dikarenakan format ini dapat mengkompresi foto dengan kualitas yang bisa disesuaikan, selain itu format ini juga dapat menyimpan berbagai macam mode warna seperti CMYK, RGB dan Grayscale.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, ada juga kekurangan jika kita menggunakan yaitu format ini tidak dapat membuat atau menyimpan gambar transparan dan juga sebaiknya jangan membuka kemudian menyimpan ulang kembali di photoshop atau software manapun karena akan menurunkan kualitas gambar. Hal tersebut dikarenakan format ini akan melakukan kompresi ulang.

Jenis Format : JPG, JPEG, JPE

PORTABLE NETWORK GRAPHIC (PNG)

Nah selanjutnya adalah format PNG yang tentunya sobat tahu bersama juga kalau format ini biasa digunakan untuk menyimpan objek-objek yang memiliki background transparan, karena pada format ini gambar disimpan utuh dan biasanya tidak ada kompresi. Dengan tidak adanya kompresi ulang maka tentu format ini bisa memiliki ukuran yang besar dibanding JPEG maupun format lain. Format ini biasanya digunakan untuk menampilkan objek halaman web. Keunggulan lainnya, format ini menyimpan file dalam 24 bit dan dapat menyimpan alpha channel (JPEG tidak bisa).

GRAPHIC INTERCHANGE FORMAT (GIF)

Format yang biasanya digunakan untuk banner iklan pada situs web karena format ini dapat menyimpan animasi 2D atau gambar bergerak (animated GIF). Format ini juga memiliki kompresi (LZW) yang sangat tinggi, tapi tentunya beberapa detail akan dihilangkan. Format ini hanya dapat menyimpan dalam 8 bit 256 warna yang dimana berarti kualitasnya dibawah dari JPEG maupun PNG.

BITMAP (BMP)

Format yang fleksibel pada platform Windows karena format ini dapat diterima di seluruh software yang beroperasi pada OS Windows. Format ini juga dapat menyimpan gambar dengan kualitas 1-24 bit, namun tidak dapat menyimpan layer dan alpha channel.

Jenis Format : BMP, RLE, DIB

TAGGED IMAGE FORMAT FILE (TIFF / TIF)

Format yang biasa digunakan dalam percetakan karena mampu menyimpan gambar dengan kualitas tinggi hinggi 32 bit. Sama seperti PNG, format ini juga dapat menyimpan gambar dengan objek transparan dan menyimpan Alpha Channel. Dengan tingginya kualitas gambar, sudah tentu format ini juga memiliki ukuran yang besar.

Jenis Format : TIFF, TIF

ENCAPSULATED POSTSCRIPT (EPS)

Format yang biasa digunakan di berbagai program grafis karena berisikan grafik vektor, teks maupun bitmap. Format ini mendukung banyak mode warna seperti RGB, Lab, CMYK, Duplex, Indexed, dan Grayscale. Biasanya digunakan untuk pengeditan lebih lanjut di software Adobe Illustrator.

FORMAT LAIN

Selain jenis-jenis format yang sudah dijelaskan diatas, Adobe Photoshop juga dapat menghasilkan format lain diantaranya :

Dicom (.dcm.dc3.dic)
Large Document Format (.psb)
IFF Format (.iff.tdi)
JPEG 2000 (.jpf.jpx.jp2.j2c.j2k.jpc)
JPEG Stereo (.jps)
Multi Picture Format (.mpo)
PCX (.pcx)
Photoshop PDF (.pdf.pdp)
Photoshop RAW (.raw)
Pixar (.pxr)
Portable Bitmap (.pbm.pgm, .ppm.pnm.pfm.pam)
Scitex CT (.sct)
Targa (.tga.vda.icb.vst)

Nah, itu tadi adalah penjelasan dari perbedaan jenis-jenis format gambar yang bisa dihasilkan photoshop. Sekian dulu untuk artikel pada kesempatan kali ini, jika ada yang ingin menambahkan atau mungkin ingin bertanya bisa langsung komentar saja melalui kolom komentar dibawah artikel ini. SemangArt!