Cara Pertajam Foto Mengunakan High Pass Filter di Photoshop


Hay hay hay sobat online 😊 kembali lagi bersama saya disini, manusia terkece, terkeren, terbaik dan ter ter lainnya😆. Bagi kita pengguna sosial media tentunya tak asing lagi untuk berbagi aktivitas kita sehari-hari, salah satunya melalui foto. 

Saat ini kamera hp semakin lama semakin canggih hingga terkadang membuat kita yang masih menggunakan HP Kentang merasa minder untuk mengupload aktivitas pribadi kita di media sosial.
Oleh karena itu, kali ini saya akan memberikan tata cara atau tutorial atau langkah langkah atau apalah itu namanya hehe...

Tutorial kali ini kita akan membahas tentang Cara Pertajam Foto Mengunakan High Pass Filter di Photoshop, sebenarnya banyak cara lain yang bisa kita gunakan tapi karna cara ini merupakan cara yang paling sederhana dan saya rasa paling mudah dimengerti. 

Oke lansung saja berikut tutorial Cara Pertajam Foto Mengunakan High Pass Filter di Photoshop.


  • Langkah pertama buka aplikasi Photoshop, pastikan kamu sudah mempunyai aplikasi Photoshop di laptopmu ya.
  • Langkah kedua masukkanlah foto yang ingin kamu pertajam (ingat jangan terlalu tajam ya, nanti bisa terluka😅)
  • Lalu pada layer background, kamu duplikat layernya dengan menekan ctrl+j sehingga akan muncul layer seperti gambar dibawah ini.
  • Kemudian klik Filter - Other - High Pass. Lalu jangan lupa untuk atur radiusnya antar 1-6 bebas sobat online, lalu klik Ok.
  • Ganti blending layer jadi
    • Soft light = Karakter ketajaman lebih lembut dari Hard light dan Vivid light.
    • Hard light = Karakter ketajaman lebih detail dari soft light tapi masih di bawah Vivid light
    • Vivid light = Sangat tajam dan detail, area mikro kontras disetiap elemen foto juga akan meningkat.
  • Selesai ini dia hasilnya

Oke sobat online sampai sini dulu totorial kali ini 😊, semoga sobat online semua tidak bosan untuk berkunjung ke blog ini. Terima kasih kepada sobat online yang telah berkunjung. Jika sobat online punya saran dan masukan atau mungkin ada hal yang kurang dimengerti terkait tutorial kali ini silahkan koment dibawah ya sobat, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

"Jangan takut mencoba hal baru dalam hidupmu. Jika berhasil anda akan bahagia, jika tidak anda akan lebih bijaksana"