Bagian Pada Ruang Kerja Photoshop


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sebelum kita melangkah ke materi tutorial, akan saya kenalkan dahulu apa-apa saja yang terdapat pada ruang kerja Adobe Photoshop. Yang akan saya tunjukkan pada postingan kali ini adalah ruang kerja yang terdapat pada Adobe Photoshop CC 14.2 yang juga merupakan Adobe Photoshop versi terbaru. Meski terbaru, untuk bagian-bagian pada ruang kerja nya tidak berbeda jauh dengan apa yang ada di Adobe Photoshop  versi-versi sebelumnya. Dan Berikut adalah bagian-bagian yang terdapat pada ruang kerja Adobe Photoshop CC :



1. TOOLS BOX

Sudah dijelaskan pula pada artikel sebelumnya tentang Pengertian Adobe Photoshop dan fiturnya, bahwa salah satu fitur utama yang terdapat pada Adobe Photoshop adalah TOOLS. Tools merupakan elemen yang sangat penting pada Photoshop, karena semua proses editing pada Photoshop selalu menggunakan tools. Namun, tidak semua tools ditampilkan. Untuk menampilkannya klik kanan pada salah satu tools yang untuk menemukan tools-tools lain. Tools box sendiri terdapat dibagian kiri ruang kerja Photoshop.

2. MENU

Menu bar adalah salah satu bagian yang memiliki berbagai menu dan berguna untuk melakukan perintah seperti membuat halaman kerja baru, membuka file gambar, maupun menu yang berfungsi untuk menyalin (copy) dan menempel (paste).

3. PANEL ATAU PALETTe

Panel terdiri dari Navigation Panel, Color Panel, History Panel serta yang terpenting adalah Layer Panel. Dilihat dari bagian-bagian panel, maka sudah terlihat apa fungsi dari panel itu sendiri.

  1. Navigation Panel yang berguna sebagai pemberi info navigasi pada halaman kerja
  2. Color Panel untuk memudahkan memilih warna serta styles pada warna tersebut
  3. History Panel memberikan informasi apa saja yang telah kita kerjakan pada halaman kerja
  4. Layer Panel, beguna untuk mengedit sebuah layer. 

4. TOOLS OPTION BAR

Bagian ini adalah bagian yang mampu mengatur tools yang berisi menu-menu lain dari tools yang kita gunakan.

5. HALAMAN KERJA

Selanjutnya adalah bagian halaman kerja, ini adalah tempat untuk melakukan proses editing seperti memasukkan gambar, teks, dan lain sebagainya

6. TAB HALAMAN KERJA

Berbeda dengan halaman kerja, bagian ini berfungsi memperlihatkan serta memilih berbagai halaman kerja yang sedang kita kerjakan.

Ya itu tadi bagian-bagian yang terdapat pada ruang kerja Adobe Photoshop Creative Cloud (CC) secara garis besar nya. Semoga bermanfaat, dan terima kasih telah mengunjungi PayuBaco.